One way to get the most out of life is to look upon it as an adventure

Canda, Tawa dan Tangis hanyalah sebuah hiasan kehidupan. Jangan Pernah Menyesal Lahir di dunia ini. Always keep smile to face this life...

Kodok Lembu


Kodok lembu ?? mungkin sebagian orang bertanya - tanya tentang kodok yang satu ini. jangan khawatir saya akan mengupas tuntas tentang pengertian dan seluk beluk kodok ini. kodok lembu atau yang lebih dikenal dengan bull frog ini merupakan kodok yang berasal dari Amerika serikat yang memiliki beberapa keunikan, salah satu keunikan yang dimiliknya adalah dari segi suaranya. kodok lembu ini memiliki suara yang sangat besar. selain keunikannya tersebut kodok ini juga banyak dicari untuk dikonsumsi baik di luar maupun dalam negeri.
berdasarkan pengamatan morfologinya Kodok lembu memiliki susunan tubuh yang terdiri dari kepala, badan dan alat gerak. Kepala kodok lembu terdiri dari beberapa organ, yaitu mulut, mata, dan gendang telinga dan lubang hidung. Mulut berukuran lebar dan berada sedikit kebawah serta membelah secara horizontal ke hampir seluruh bagian kepala dengan lubang hidung yang kecil. Mata berwarna hitam dan memiliki pinggiran berwarna coklat muda. Gendang telinga berbentuk cincin berwarna coklat tua dan bagian tengah berwarna hijau. badan kodok yang terdiri dari punggung dan perut memilik panjang tiga kali lebih besar daripada bagian kepalanya. Perut(bagian bawah badan) berwarna putih kekuningan dengan kulit yang halus dan elastis. Punggung berwarna hijau dengan kulit agak kasar dan tulang punggungnya menonjol sehingga tampak jelas bungkuk.
Kodok lembu memiliki dua buah alat penggerak yaitu sepasang kaki depan dan belakang. Kaki kodok terbagi menjadi tiga bagian, yaitu femur(paha), cruris (betis), pes( jari - jari). Panjang paha dan betis hampir sama, akan tetapi daging pada paha lebih besar jika dibandingkan dengan daging betis. Kaki depan kodok lembu tidak terdapat selaput renang, dengan jari-jari sebanyak 4 buah. Kaki belakang memiliki jari.jari 5 buah dan memiliki selaput renang yang elastis. Panjang kodok lembu bisa mencapai 15-17,5 cm, sedangkan besarnya bisa mencapai 1 kg. Morfologi kodok lembu tersebut adalah secara umum. namun antara kodok lembu jantan dan betina juga dapat dibedakan.
Perbedaan kodok lembu jantan dan betina adalah sebagai berikut.
Kodok lembu jantan
Ukuran lingkaran gendang telinga, dua kali lebih besar dari lingkaran mata,
Warna kulit disekitar kerongkongan hijau kekuningan,
Ibu jari bagian depan relatif lebih besar,
Ukuran badan relatif lebih kecil,
Memiliki kantung suara yang terletak diantara selaput gendang dan pangkal kaki depan.
Kodok lembu betina
Ukuran lingkaran gendang telinga relatif sama dengan lingkaran mata,
Warna kulit disekitar kerongkongan putih dengan bintik-bintik kehitaman,
Ibu jari bagian depan relatif lebih besar,
Tidak memiliki kantung suara.

Meskipun memiliki tubuh yang besar ternyata kodok ini juga rentan terhadap penyakit. terbukti jika kita menanyakan pertanyaan ini pada peternak kodok lembu ini juga mengatakan hal serupa bahwa hampir setiap hari setidaknya ada 1 ekor mati karena kodok Bullfrog rentan terhadap penyakit, terutama ayan dan penyakit akibat bakteri. meskipun demikian jika kita mampu mencegah penyakit yang dapat ditimbulkan dengan menjaga kebersihan tidak diragukan kodok tersebut juga dapat bertahan lama.

kodok ini bertelur 2 kali setahun dan dapat menghasilkan puluhan ribu berudu dalam sekali bertelur. biasanya kodok diberi makan pelet namun apabila kodok semakin tumbuh besar kira - kira berukuran ( 9 - 15) cm bisa diberikan tambahan protein dari daging keong mas yang merupakan hama petani. jadi akan terjadi simbiosis mutualisme antara peternak kodok lembu dengan petani.Keong direbus dan dilepas cangkangnya. Kemudian daging keong dilumatkan dan dicampur dengan pelet. Adonan kembali dibentuk menjadi bulatan-bulatan pelet besar dan langsung diberikan ke kodok.
Makanan olahan ini sifatnya tenggelam, dan tentu saja ini tidak disukai kodok besar. Sehingga kodok besar harus disuapi makanan satu persatu.


buat para blogger sejati

Leave a Reply