01/11/2011

Makna bertambahnya usia


Tak terasa detik kehidupan mengajakku berlari dengan cepat tanpa aku sadari, memang terlalu singkat ini semua, sungguh begitu cepat. Jika aku mampu mengemis pada waktu untuk kembali mungkin aku meminta agar tetap menjadi anak - anak. Bermain sepuasnya, tiada beban hidup dan menghabiskan waktu tanpa kegalauan.
Hari ini malam ini adalah hari dimana sisa usia ku berkurang lagi. hari dimana aku akan mendekat kepada akhir masaku meski tak tahu sampai kapan usiaku ini bertahan. 1 - 11 - 1991 hari dimana seorang anak yang terlalu biasa untuk dilahirkan di dunia ini. Tanggal, bulan dan tahun itu bagi saya memiliki sebuah filosofi sendiri, semuanya diakhiri dengan angka 1, mungkin aku akan menjadi orang nomer satu yang akan mengubah dunia, meskipun filosofi itu terlalu berlebihan tapi bukan berarti itu tak mungkin. bukankah pepatah mengatakan tak ada yang tidak bisa dan tak mungkin dalam hidup ini kecuali tidak ada kemauan. Mungkin saja aku akan mendirikan partai dengan nomor urut 1 seperti bapak SBY dengan angka 9 ciri khas hari lahirnya 9 - 9 - 1949.
Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa dan bersejarah bagi setiap insan, hari dimana mereka lahir dan dimana mereka membuka matanya untuk melihat dunia yang terlalu indah untuk ku deskripsikan. Sebagian orang memaknai ulang tahun dengan gembira, berfoya foya bahkan mengadakan pesta yang seharusnya tidak dilakukan. Padahal dengan bertambahnya usia berarti sisa hidup kita untuk tetap berdiri di bumi semakin berkurang. jika dipikirkan lagi makna ulang tahun ini, selain bertambahnya usia juga ada banyak makna lagi. Dengan bertambahnya usia berarti pengalaman hidup kita juga bertambah, dengan pengalaman ini tentu akan menjadi modal untuk melangkah menghadapi masa depan. dengan datangnya hari ulang tahun berarti kita juga memaknai dengan perenungan, artinya dengan usia kita yang sekarang ini, apa yang telah kita lakukan, apakah hal yang berguna yang telah kita lakukan atau malah hanya menjadi sampah hidup ini apabila kita hanya menjadi parasit untuk orang lain sebaiknya kita harus mengubah untuk kedepannya. dengan bertambahnya usia ini kita juga harus semakin sadar bahwa beban yang kita pikul untuk masa depan juga semakin berat namun bukan berarti sulit untuk kita tempuh.
 Hari ulang tahunku tahun ini ada yang berbeda dengan yang lalu karena saat ini usiaku sudah menginjak kepala 2, itu artinya aku harus melupakan masa masa teenagers atau masa usia belasan yang terlalu indah untuk aku lupakan. karena masa teenagers adalah masa saat aku mulai tumbuh berkembang dan masa remaja yang penuh suka cita. masa masa saat aku mengenakan seragam SMP dan SMA, sungguh masa - masa sekolah yang tak akan pernah terulang lagi. selama tinggal usia belasan yang tak akan pernah aku mengulangnya kembali.
kini aku bukan teenagers lagi artinya aku sudah harus mencari jati diri hidup ini, aku semakin tua, dunia menuntutku untuk andil dalam perubahannya. semoga aku mampu membuka dunia dengan pikiranku..

9 comments:

  1. selamat ulang tahun
    semoga sisa umurnya berkah :)

    ReplyDelete
  2. setuju sekali... seharusnya kita sedih karena setiap detik umur kita berkurang...

    mampir ya...

    Penyebab Keanehan Salju Turun di Bulan Oktober

    ReplyDelete
  3. selamat ulang tahun, mga pnjg umur :)
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    ReplyDelete
  4. @ sulung terimakasih
    @ ali sisa berkurang dan dosa bertambah

    ReplyDelete
  5. saya sudah join di member google anda...

    terima kasih... Salam kenal ya

    ReplyDelete
  6. semoga kita menjadi orang-orang yang diberikan keselamatan didunia dan diakhirat

    ReplyDelete

Kesaksian Pelecehan Seksual di Rumah Sakit Surabaya

Dunia medis Indonesia kembali tercoreng dengan ulah Perawatnya, bukan karena mal praktek ataupun tidak menerima pasien miskin, melainkan pel...