02/12/2011

Kuliah untuk cari kerja?

Apakah Kuliah untuk mencari kerja?? itulah pertanyaan yang sering tinggal di dalam hati saya, mungkin juga para mahasiswa di sana yang hidupnya terkatung - katung belum jelas untuk melihat masa depan mereka.
Ketika saya mencoba memahami pertanyaan tersebut saya sungguh bingung untuk menjelaskannya. Secara, saya seorang yang masih menyandang status mahasiswa. Namun dari hasil pengamatan saya ada yang berbeda dengan jurusan - jurusan di setiap fakultas. Maksudnya berbeda adalah mahasiswa mengambil jurusan A namun saat bekerja dia bekerja pada perusahaan yang jauh dari jurusan yang di ambilnya. Keadaan lingkungan sekita telah membuktikannya misal kuliah mengambil jurusan peternakan namun saat bekerja dia memilih karir di kehutanan atau kuliah bekerja di bidang kesehatah namun memilih karir di bidang bisnis manajemen pemasaran sebuah perusahaan. Mungkin kita masih ingat, siapa itu Taufik Ismail?? Beliau adalah sastrawan yang terkemukan dinegeri ini. Tahukah kita jurusan atau gelar apa yang di ambil oleh seorang Taufik Ismail untuk menjadi sastrawan?? ternyata Taufik Ismail mengambil jurusan Kedokteran Hewan di IPB dan Beliau pun berhasil meraih gelar Drh nya. ketika saya membaca biografi beliau saya sempat tidak percaya. Bagaimana tidak, seorang sastrawan tenar lahir dari bidang kedokteran Hewan.
Bingung dengan pertanyaan tersebut, saya pun mencoba menanyakan lewat tweet kepada Billy Boen, penulis buku Young on Top yang menjadi best seller dan merupakan tokoh paling favorit saya di bidang motivasi bisnis manajemen, tokoh muda yang sangat menginspirasi kehidupan saya. berikut saya copas tweet saya dan jawaban dari Billy Boen:
@BillyBoen: Utk pmatangan PIKIRAN & KARAKTER, prluasan WAWASAN & NETWORK. RT @ziadyrfx: @BillyBoen apakah kuliah utk mncari kerja?
Ya dari jawaban tersebut akhirnya saya mendapatkan penerangan juga, dimana tujuan kuliah yang sebenarnya bukanlah untuk mencari kerja namun untuk mematangkan pikiran dan karakter kita agar lebih dewasa,memperluas wawasan dan menambah network untuk bekal kita saat telah lulus kuliah.
Jadi artinya jurusan kuliah bukan berarti kita bekerja pada bidang yang sama saat bekerja nanti. mungkin kita akan bekerja dengan pashion kita sendiri namun ada kemungkinan juga orang tersebut bekerja sesuai dengan bidang yang diambil saat kuliah jika orang tersebut konsisten dengan tujuan hidupnya

4 comments:

  1. Setuju memang kuliah disamping untuk kita bisa mendapatkan pekerjaan, juga untuk mematangkan daya pikir kita

    ReplyDelete
  2. Pematangan pikiran dan karakter serta perluasan wawasan dan network kan ujung2nya untuk pekerjaan. Ya gak?

    ReplyDelete
  3. @Deway bentul mas
    @kirman belum tentu untuk pekerjaan kalo untuk cari duit ya, biasanya bikin bisnis

    ReplyDelete
  4. Klo gue kuliah untuk cari jodoh. menyedihkan ya hidup gue T.T

    ReplyDelete

Kesaksian Pelecehan Seksual di Rumah Sakit Surabaya

Dunia medis Indonesia kembali tercoreng dengan ulah Perawatnya, bukan karena mal praktek ataupun tidak menerima pasien miskin, melainkan pel...