19/09/2011

Insomniaers


Insomniaers sebuah kata yang saya maksudkan untuk para pecinta insomnia alias orang - orang yang tidak bisa bobo. terkadang saya heran kenapa ada orang yang bisa mudah dengan tidur cepat dan ada juga yang sulit bahkan tidak tidur seharian contohnya saya sendiri. Memang sangat menyebalkan jika kita mengalami yang namanya insomnia ini bahkan ada yang stress di hari esoknya gara-gara ini. memang payah sekali.
setelah saya selidiki dan menurut pengamatan saya penyebab utama insomnia ini adalah kebanyakan pikiran. saya mengalaminya sendiri ketika mendapat tugas menumpuk kuliah dan harus diselesaikan secepatnya meskipun tidak dikumpulkan hari esoknya tapi pikiran tentang tugas - tugas itu sangat mengganggu kenyamanan untuk tidur dan akhirnya ketika akan tidur tugas - tugas itulah yang berada dalam pikiran kita yang membuat kita tak tenang dan tetap terjaga mata untuk tidak tidur.bukan hanya pikiran dalam mengerjakan tugas saja, pikiran - pikiran yang terpendam dalam otak kita semuanya dapat berpengaruh terutama kalau kita mencoba memikirkan kembali hal - hal yang seharusnya tidak terpikirkan dan biasanya ini bisa mengakibatkan strees bahkan depresi
Kurang aktivitas. iya ini saya juga sering mengalaminya dimana pada hari itu saya kurang melakukan aktivitas dan hanya bermalas - malasan atau hanya duduk di depan komputer entah untuk mengerjakan tugas atau hanya maen game yang membutuhkan waktu lama. terkadang kita tidak sadar bahwa hari telah larut dan ketika kita mencoba untuk menidurkan tubuh kita terkadang sangat sulit untuk tidur hal ini mungkin disebabkan karena aktivitas kita yang kurang sehingga badan kita tidak lelah dab tidak ingin ditidurkan.
Tegang, cemas atau kekhawatiran terhadap suatu masalah yg terlalu terdramatisir dalam pikiran. saya merasakannya sendiri ketika saya cemas memikirkan apa yang terjadi pada esok hari apakah akan begini, begini ataukah begini namun sampai saat ini saya telah mencoba untuk membuang hal - hal yang seharusnya tidak terpikirkan dan hasinya belum berhasil.
Kurang olahraga. olahraga sangat penting bagi tubuh kita agar aliran darah dalam tubuh kita lancar sehingga melancarkan kita juga untuk tidur dengan pulas. Usahakan Olah raga paling tidak 1 kali seminggu agar tetap menjaga peredaran darah kita dan usahakan melakukannya di pagi hari karena pada saat itu udara masih terasa sangat segar sejuk sehingga oksigen yang terhirup pun juga masih bersih.
Obat - obatan. Ketika kita telah meminum obat memang ada sebagian obat yang membuat kita mengantuk, namun tidak semuanya bisa menyebabkan kantuk bahkan ada juga yang membuat mata kita tetap terbuka, sebagai contoh obat - obatan psikotropika.
Lingkungan yang bising. Tempat tinggal kita tidak selamanya sepi dan tenang terkadang kebisingan itu dapat terjadi. sebagai contoh saat kita tidur namun disisi lain kita mendengar musik keras rock and roll.
Nah itulahh penyebab - penyabab insomnia yang terjadi pada saya dan mungkin anda mengalaminya. terkadang saya sampai frustasi. bagaimana dengan anda?

3 comments:

  1. selagi banyak persoalan saya pernah insomnia, itu salah satu ciri-ciri dari stres, tapi bila persoalan beres, masalah beres biasanya insomniania sembuh sendiri. jadi selesaikan dulu penyebab insomnianya karena insomnia hanya merupakan akibat http://temanhattarajasa.com/mudik-memotivasi-orang-desa-untuk-urbanisasi.html

    ReplyDelete
  2. bentul sekali saya juga terkadang mengalaminya saat tugas sselesai disitulah saya dapat tidur dengan nyenyak

    ReplyDelete

Kesaksian Pelecehan Seksual di Rumah Sakit Surabaya

Dunia medis Indonesia kembali tercoreng dengan ulah Perawatnya, bukan karena mal praktek ataupun tidak menerima pasien miskin, melainkan pel...