26/09/2011

Mahasiswa mau jadi apa?

Mahasiswa, setelah kita selesai menyelesaikan masa - masa sekolah kita melanjutkan ke Perguruan Tinggi ( BAGI YANG MAMPU ) meskipun ada juga beasiswa atau jalur - jalur penerimaan Mahasiswa yang tidak mampu untuk melanjutkan studi sebagai contoh program bidik misi. namun banyak juga orang - orang yang masih berkeinginan untuk melanjutkan perguruan tinggi namun tidak dapat mengikuti bidik misi karena nilai yang biasa - biasa saja dan sudah pasti perekonomian yang terbatas.
Di satu sisi ada juga orang yang memang tidak berniat melanjutkan study ke Perguruan Tinggi karena mereka berpikir buat apa sekolah lagi toh akhirnya nasib mereka tidak jauh dengan mereka yang hanya lulusan SMA. Hal ini memang benar karena realita menunujukan banyak para sarjana yang hanya menjadi pengangguran di negeri ini. Bahkan teman saya dengan lantang mengatakan " udahh ga usah ke Perguruan Tinggi mending uang yang lo pake study kumpulin aja buat jadi enterpreneurship ntar kalo lo udah banyak duit dirikan perusahaan yang teknisinya lulusan sarjana" itu kata - kata dari temen saya yang masih teringat. Memang apa yang dia katakan tidak salah banyak para sarjana yang hanya menjadi buruh / karyawan di perusahaan yang pemiliknya hanya lulusan SMA bahkan ada juga yang hanya lulusan SD. saya kira itu cuman pendapat dan isapan jempol belaka namun saya membuktikan sendiri ketika saya menonton acara kick andy dimana saat itu ditampilkan para enterpreneur yang menceritakan awal kesuksesannya hingga ia menjadi sampai sekarang ini dan yang membuat jantung saya mau berpindah ke kaki adalah saat ia mengungkapkan bahwa dia hanya lulusan SD dan yang saya ingat dia memiliki perusahaan di bidang otomotif yang karyawanya ia hanya mau menerima dari lulusan sarjana. gimana kaki saya tidak kena serangan jantung tuh dengar pernyataan yang seperti itu.
Yap memang benar saya sebagai Mahasiswa memang terkadang bingung dengan menghadapi realita seperti ini. memang tidak ada yang bisa di banggakan dari seorang mahasiswa toh penghasilan perbulan yang ia miliki juga masih dari orang tua masing masing. Lantas mengapa masih banyak orang yang mau menjadi sarjana?? karena alasan terkuat seseorang masuk perguruan tinggi adalah agar mendapatkan pekerjaan yang lebih baik daripada lulusan di bawahnya dan jika seorang yang hanya lulusan SD mampu menghadapi tekanan dan berhasil menjadi seorang enterpreneur mengapa yang lulusan sarjana tak dapat melakukannya?? sebenarnya mahasiswa itu dilatih menghadapi tugas tugas dan tantangan berat dari kampus dengan deadline pengumpulan yang ditetapkan agar ia dapat lebih berkembang dan disiplin waktu dalam kehidupan masyarakat. so seharusnya mahasiswa harus bisa lebih baik dari lulusan dibawahnya jika mindset mereka di ubah dan ditanamkan untuk jadi seseorang yang memberi pekerjaan bukan hanya jadi pekerja.

5 comments:

Kesaksian Pelecehan Seksual di Rumah Sakit Surabaya

Dunia medis Indonesia kembali tercoreng dengan ulah Perawatnya, bukan karena mal praktek ataupun tidak menerima pasien miskin, melainkan pel...