02/10/2011

Lampu pada malam hari menyebabkan kanker


Kali ini saya akan mengupas salah satu riset ilmiah lagi mengenai lampu. yang telah di risetkan oleh beberapa ilmuwan dan menghasilkan sperti yang saya tuliskan berikut ini
Mematikan lampu bisa jadi tidak hanya baik bagi pemanasan global, menyelamatkan planet dan mengurangi emisi karbondioksida tetapi juga bisa menurunkan resiko terkena kanker. Di jaman modern seperti ini kebanyakan orang menghabiskan hampir semua waktu baik pada siang ataupun malam hari di bawah siraman cahaya alami atau buatan dari berbagai jenis sumber yang sangat berbeda dengan lingkungan tempat tubuh manusia dan jam tubuh berevolusi. Berbeda dengan masa lalu yang lampu belum mulai berkembang itu artinya kehidupan berjalan tidak rumit bagi jam tubuh dan penyokong utamanya, hormon melatonin yang diproduksi kelenjar pineal sebagai respon terhadap kegelapan dan yang membantu kita tahu harus tidur dan harus bangun.
Produksi hormon ini memuncak pada tengah malam lalu perlahan menurun hingga menjelang fajar. Produksinya dihambat oleh cahaya dan itu artinya cahaya berlebih pada malam hari bisa mengakibatkan tubuh tidak mendapat cukup hormon melatonin, yang juga memiliki peran penting sebagai antioksidan melawan penyakit. beberapa studi menunjukan melatonin dapat mencegah kerusakan DNA yang disebabkan oleh perkembangan beberapa jenis kanker.
Stepehen Pauley peneliti dari Idaho mengatakan bahwa tertekannya produksi melatonin oleh paparan cahaya pada malam hari bisa jadi merupakan suatu alasan mengapa tingkat kanker lebih tinggi terjadi di negara berkembang. Dia mengatakan bahwa sekarang ada bukti yang mengaitkan paparan terhadap cahaya pada malam hari dengan kanker payudara dan usus pada pekerja shift. Dia menunjukan bahwa lampu modern memancarkan lebih banyak gelombang biru daripada lampu gas,minyak tanah dan pijar yang terdahulu dan bahwa cahaya biru diduga lebih efektif memblokir melatonin.
ini berarti ketika kita hendak tidur lampu harus dalam keadaan redup untuk mengurangi tingkat kanker, Tv tidak boleh dibiarkan menyala selagi kita tidur. Kerai harus ditutup jika ada penerangan jalan.

3 comments:

  1. Untuk meminimalisir efeknya, alangkah lebih baik jika tidur dalam gelap. :)

    ReplyDelete
  2. yah itu lebih baik masalahnya ada juga orang yang phobia pada gelap

    ReplyDelete
  3. hanya meminimalisi efek yang ditmbulkan

    ReplyDelete

Kesaksian Pelecehan Seksual di Rumah Sakit Surabaya

Dunia medis Indonesia kembali tercoreng dengan ulah Perawatnya, bukan karena mal praktek ataupun tidak menerima pasien miskin, melainkan pel...