09/10/2011

Bicara terlalu cepat


Memang sedikit orang yang saya ketahui berbicara terlalu cepat. saya adalah salah satunya. yap saya memang dulu tidak sadar bahwa cara berbicara saya yang terlalu cepat ini namun akhirnya lama kelamaan Tuhan menyadarkan saya juga bahwa bicara saya memang terlalu cepat. Terkadang saat saya bicara kepada orang lain yang maknanya serius malah dia tertawa dan saat saya mulai membuat lelucon malahan dia serius, saya jadi berpikir bahwa berbicara yang terlalu cepat tidak akan pernah tersampaikan pesan yang seharusnya disampaikan. Saya baru menyadari saat lulus SMA saat saya merekam suara saya di HandPhone dan mendengarkan balik. Jelas saat saya mendengarkan berulang - ulang lagi memang bicara saya sungguh cepat, lebih cepat dari pesawat tempur bung iwan fals mungkin. hehehe
Menurut penelitian yang saya baca ,normalnya setiap orang berbicara 120 - 140 kata per menit dan apabila lebih dari itu maka dianggap terlalu cepat bicaranya yang akan membuat kurang jelas makna yang diterima oleh lawan bicaranya. Jika saya hitung - hitung saya memang terlalu cepat berbicara karena lebih dari 140 kata per menitnya. wah jelas saja lawan bicara saya tidak ngerti maksud ucapan saya.Menurut penelitian otak manusia hanya mampu menyerap maksimal 200 kata artinya jika anda berbicara lebih dari 150 kata dengan keceptan yang tinggi pasti tidak semua kata yang ada ucapkan dapat terserap dengan baik ini berarti makna yang diterima pun berkurang.
Cara untuk mengubah berbicara ini harus dilatih berulangkali. mungkin dengan teman untuk mengamati intonasi kita atau bisa saja belajar sendiri dengan merekam suara. kalau saya pilih cara yang nomer 2 karena saya pikir - pikir udah gede kok masih latihan ngomong malu ah sama orang lain hehe. mendingan sendiri saja tidak ada yang memperhatikan. Selain itu usahakan jika berbicara dengan orang lain untuk diatur temponya dan hal ini harus dilakukan berulang kali juga. kita juga harus empati kepda orang lain bagaimana jika kita menjadi dia dan mendengarkan angin ribut alias suara cepat yang tak jelas. hal utama yang terpenting adalah usahakan santai dalam berbicara jangan terburu - buru dan jangan gugup, pahami makna yang ingin disampaikan dan ucapkan dengan sebaik mungkin agar pendengar dapat memahaminya.
Menurut pengamatan saya orang yang berbicara terlalu cepat terkadang tidak rapi dalam beberapa hal seperti menulis tidak rapi seperti cakar ayam atau tempat tinggal yang kotor ( ini masih tahap pengamatan) tapi tenang dulu banyak kok orang yang berbicara terlalu cepat bisa jadiorang hebat, salah satu contohnya B.J Habibi. bah bagaimana dengan anda?

16 comments:

  1. menurut Louann Brizendine, yang banyak brbicara itu perempuan menurut hasil risertnya perempuan menggunakan sekitar 20000 kata/hari sedangkan pria hanya 7000 kata /hari, Menurut Brizendine Otak wanita Sel verbalnya tiga kali lipat lebih besar kapasitasnya dari pada pria. Makanya kalau ibu-ibu lebih bawel dari pada bapa-bapak itu secara alami adalah suatu hal yang wajar

    ReplyDelete
  2. Gan, aku punya masalah dengan bicara ku nich.. gara2 bicara ku terlalu cepat, aku sekarang aq ngomong aja jd gugup, terkadang malah gagap, gmn gan solusinya..
    mohon bantuannya gan..
    Ini email ku.
    squarepanksbobb@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sama seperti aku bro, gimana solusi nya mohon bantuan...

      Delete
  3. ya memang jika kita bicara terlalu cepat akan mengakibatkan sebuah keggupan dan akan berakibat kegagapan, saya juga sering mengalaminya,, namun saya mencoba untuk bersabar dalam bicara artinya harus mampu mengatur tempo jika ada sesuatu yang ingin diucapkan.

    ReplyDelete
  4. OK gan, akan ku coba.. mkasih/^^

    ReplyDelete
  5. makasih om infonya..... kita coba.. heee

    ReplyDelete
  6. Saya kira lidah saya terlalu pendek jadinya bicara juga ribet.. hehe

    ReplyDelete
  7. Izin copas ya, soalnya saya salh satu yg berbicara cepat juga ,,

    ReplyDelete
  8. kirain aku aja yang bicara cepat,, hehe..

    ReplyDelete
  9. saya juga orang yang berbicara terlalu,
    thank ea info ny...

    ReplyDelete
  10. Saya jg nih. sampe suka dimarahin guru gr“ kalo ngomong/baca kecepetan-- whwh. makasi infonya yeee

    ReplyDelete
  11. Bergh ternyata saya punya temen yg ngomong cepat juga haha

    ReplyDelete
  12. Saya sering di ledek teman teman klo lg bicara,,

    ReplyDelete
  13. saya juga bicara cepat, jadi orang bicara dengan saya dan saya juga bicara dengan dia. dia tidak mrngerti apa yang saya bilang dia vilang saya ini kalau bicara cepat.

    ReplyDelete

Kesaksian Pelecehan Seksual di Rumah Sakit Surabaya

Dunia medis Indonesia kembali tercoreng dengan ulah Perawatnya, bukan karena mal praktek ataupun tidak menerima pasien miskin, melainkan pel...