19/11/2011

Intenet Telah Mengubah Wajah Dunia

Dunia terus berputar, berubah dan meninggalkan semua cerita  lalu. Masa lalu akan berganti menjadi masa kini dan masa depan, begitu pula dengan kemajuan teknologi, sungguh tidak bisa dibayangkan kemajuan teknologi sampai saat ini terus berubah dengan cepat. Salah satu kemajuan Teknologi yang paling pesat saat ini adalah hadirnya sebuah jaringan yang mampu mengeksplore dunia dengan mudah, adalah internet teknologi mutakhir yang kini tengah hadir dan “digandrungi” oleh semua umat manusia dari anak kecil sampai yang tua.

Berikut ini Menurut beberapa ahli mengenai pengertian internet.
Internet adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan ribuan jaringan komputer, melalui sambungan telepon umum maupun pribadi  (pemerintah maupun swasta). (Mac Bride, 1997:1)
Sedangkan menurut John December, internet didefinisikan sebagai berikut:  Internet merupakan kumpulan jaringan komputer yang bekerja sama secara global mendistribusikan pertukaran informasi melalui protokol TCP/IP. (John December, 1997:27)
Dari pengertian kedua tokoh ahli tersebut saja, saya dapat memastikan bahwa internet telah membuat saya Xlangkah lebih maju. Saya sebagai mahasiswa merasakan sendiri dengan kehadiran  internet ini, saya dapat mencari bahan – bahan kuliah dengan mudah namun bukan berarti saya copy paste tulisan tersebut tanpa sumber yang jelas. Lebih dari itu, saya memanfaatkan internet untuk mencari dan mendownload  ebook yang sangat bermanfaat dalam mengerjakan tugas karena ebook tersebut sebagian besar merupakan ebook dari luar negeri dan jarang sekali toko buku di Indonesia yang menjual hardcopy ebook tersebut. Dengan adanya internet saya dapat dengan mudah mencari dan mendownload ebook tersebut, sungguh saya tidak bisa membayangkan tanpa hadirnya internet mungkin saya harus mencari dengan susah payah di toko buku dan belum tentu menemukannya.
Internet telah mempermudah semuanya, begitulah kenyataannya. Dengan internet dunia serasa dapat dilipat dengan mudah. Maksudnya begini, dengan adanya jejaring sosial yang ada di internet, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan saudara ataupun kolega kita yang berada dinegara atau bahkan benua lain, baik melalui ketikan jari maupun tatap muka, dengan tatap muka  kita dapat melihat wajah saudara/teman kita dari segala penjuru dunia, saya mengibaratkan dunia dilipat dengan mudahnya, bagaimana tidak! seseorang dari Indonesia bisa bertatap muka dengan orang yang berada di benua Afrika, itu seperti benua asia dan afrika dilipat dan dipertemukan untuk sekedar bisa menatap wajah. Sungguh ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa untuk kemajuan peradaban manusia. Apalagi Semakin banyaknya provider yang mempunyai akses internet cepat. XL, salah satu provider yang memiliki akses yang cepat, mudah,murah dan luas jangkauannya ditambah dengan munculnya layanan data HotRod 3G+ yang memungkinkan kita dapat menikmati video stramming yang lebih cepat dan melakukan video call tanpa kendala.


Dengan Internet saya dapat dengan mudahnya memperoleh informasi. Hampir sebagian besar stasiun televisi, koran maupun majalah mengupload berita – berita terbaru melalui situs resmi mereka. Dengan begitu meskipun saya tidak membeli majalah / koran, saya masih dapat menikmati berita terbaru yang tersajikan melalui internet dan apabila tidak sempat menonton  televisi, saya juga masih dapat menikmati kabar terbaru dengan membaca situs resmi masing – masing stasiun televisi. Selain kabar dalam negeri saya juga dapat menikmati berita dari mancanegara, hanya dengan duduk di depan layar komputer, saya dapat mengakses kejadian apapun di luar negeri. Saya seperti menjelajah dunia ketika mengakses tempat – tempat wisata diluar negeri, sebut saja saat saya mengakses tentang negara Prancis, Italia, Amerika, Jepang dll. Saya merasa menikmati dan ada dalam sebuah perjalanan dunia apalagi saat saya mengakses kuliner di negara tersebut, wow serasa surga ada di depan mata saya. Benar benar Internet telah membuat saya Xlangkah lebih maju.           
Hadirnya internet telah merubah masa lalu. Saya adalah penggemar musik, setiap hari tiada pernah melewatkan hari tanpa musik. Teringat saat saya masih SMP dan ingin mendengarkan musik dari salah satu group band favorit saya asal Jogja “Sheila On 7”, jelas tak akan pernah hilang di memori ini saat saya harus menabung uang untuk membeli sebuah kaset radio – tape sheila on 7, saat itu harga kaset sekitar Rp. 20.000,00, kalau sekarang saya kurang tahu karena saya sudah tidak pernah beli kaset semenjak adanya internet, dengan internet saya dapat dengan mudah mendownload lagu yang saya suka tanpa harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli album lagu. Internet telah membuat hidup saya Xlangkah lebih maju. Saya mulai mendalami dan menggunakan internet semenjak kelas SMA. Sebenarnya saat SMP sudah ada namun saat itu saya belum begitu mengerti, maklum saat SMP yang diajarkan hanya sekedar pengenalan tentang komputer bukan internet. Coba bandingkan dengan Anak SMP sekarang hampir sebagian besar telah mengenal Internet bahkan tetangga saya yang baru umur 5 tahun pun mampu menggunakan internet. Internet telah membuat dunia Xlangkah lebih maju dari jaman saya saat masih Anak – anak yang buta teknologi dan kini semua sudah berubah, anak kecil pun tahu apa itu internet. Sebuah perkembangan yang sangat luar biasa.
Dunia wajib berterimakasih pada internet. Dengan hadirnya internet muncul pula facebook, twitter dll. Yang memepermudah jaringan pertemanan kita. Bisa dibayangkan apabila internet tidak ada mungkin mark zuckerberg tidak akan pernah hadir dan menjadi orang berpengaruh dalam situs jejaring sosial.
Dengan hadirnya internet ini diikuti juga dengan munculnya artis dadakan. Dari kalangan mancanegara sebut saja justin bieber yang mampu menggenggam dunia hanya berbekal video yang dia upload di youtube. Dari Indonesia sendiri, Sinta – Jojo sang keong racun dan Briptu norman sang “chaiya – chaiya”  juga telah membuktinya, hanya dengan keisengan saja untuk mengupload video di youtube mereka telah menjadi buah bibir bagi masyarakat Indonesia. Apakah mereka semua yang terkenal melalui internet hanya kebetulan saja? Saya rasa tidak. Saya rasa mereka semua memiliki bakat dan mereka menampilkan sesuatu yang berbeda, belum pernah dilakukan orang lain ketika mengupload video mereka, itulah sebabnya banyak orang yang meniru gaya mereka di internet tapi tidak tenar.
Internet membuat semuanya semakin terbuka. Terbuka yang saya maksudkan disini adalah bebas mengeluarkan pendapat ( uneg - uneg ) apa yang ingin kita sampaikan.  Banyak sekali forum – forum yang membahas apapun yang memang perlu dibahas, kaskus.us adalah salah satu contohnya sehingga kita bisa berdebat, bertukar pikiran pada forum tersebut. Selain itu dengan hadirnya situs blog juga mempermudah kita untuk menuangkan pemikiran kita di website milik kita sendiri dan akan dibaca oleh sekian ribu orang yang berselancar di internet, saya sering juga menulis di blog hanya sekedar berbagi ilmu dan pendapat meskipun terkadang opini saya berseberangan dengan orang lain tapi saya tidak khawatir akan dihapusnya tulisan saya tersebut karena tulisan tersebut saya muat di blog pribadi saya. Itulah kenapa internet begitu penting untuk sebuah gagasan, dengan internet kita bebas berkreasi.
Internet telah mengubah wajah dunia. Semua terasa lebih ringan dengan hadirnya internet. Internet telah membuktikan bahwa semuanya sudah bisa dirubah, tanpa internet mungkin saya tak akan pernah mengenal dunia luar yang sungguh luas indah tak terbatas. Terimakasih internet, terimakasih XL.

2 comments:

  1. Internet telah membawa perubahan besar di dunia ini. Internet juga telah membuat saya selangkah lebih maju.

    ReplyDelete
  2. @ Tongkonanku internet telah mempermudah semuanya

    ReplyDelete

Kesaksian Pelecehan Seksual di Rumah Sakit Surabaya

Dunia medis Indonesia kembali tercoreng dengan ulah Perawatnya, bukan karena mal praktek ataupun tidak menerima pasien miskin, melainkan pel...