25/08/2017

Bekaryalah Jangan Bekerja


Bekaryalah jangan Bekerja
Generasi millennial saat ini sedang menguasai pangsa pasar, di setiap lini kehidupan dan pekerjaan selalu ada generasi milenials yang menempati posisi penting. Generasi milenials disini adalah mereka yang lahir tahun 1980-2000 dan tahun 2020 merupakan puncak keemasan generasi milenials.

Dalam memilih pekerjaan, generasi ini sangat memilah milah bahkan ketika sudah memasuki dunia kerja dan dirasa kurang nyaman, tak segan-segan mereka akan keluar(resign) dari pekerjaan tersebut. Ada beberapa kriteria pekerjaan yang mereka butuhkan seperi kenyamanan, pendapatan dan fleksibilitas. Menarik jika kita melihat fleksibilitas sebagai salah satu syarat para pekerja milenials. Fleksibilitas tersebut bisa melingkupi waktu, tempat hingga seragam kerja.

Saya sendiri merupakan salah satu generasi milenialls yang lahir awal tahun 1990 an, dan ternyata juga memiliki pendapat yang sama dalam hal fleksibilitas pekerjaan. Misalanya dalam hal waktu, generasi ini memilih untuk bekerja yang tidak terikat waktu, kapanpun mereka mau bekerja, bekerjalah dia begitu juga saat mereka ingin beristirahat. Tak sedikit, generasi millenials bekerja sebagai freelance (saat dia ingin bekerja, maka dia dengan sangat antusias bekerja), ketika pekerjaan itu sudah selesai maka bebaslah untuk berlibun kemanapun dia mau tanpa terikat waktu dari pihak kantor.

Bekaryalah jangan bekerja. Kalimat itu sering saya dan teman-teman generasi milenials ucapkan. Bekarya artinya kita menciptakan sesuatu tanpa ada paksaan, seperti menulis, menggambar, design, membuat video, fotografi dan lain sebagainya. Dengan bekaryalah kita akan menjalani hidup ini sesuai dengan passion bukan paksaan. Kita  akan senang dalam menjalaninya. Bekarya dapat diartikan sebagai bekerja bersama hati.

Saya tidak mengatakan, jangan jadi pegawai untuk bekerja atau jadilah pengusaha agar bisa bekarya.  Dimanapun jalan hidup Anda yang dipilih jalanilah dengan bekarya. Ketika generasi milenials bekerja disebuah instansi dan menikmati apa yang dia lakukan maka mereka  dikatakan bekarya di dalam perusahaan itu. Sebagai contoh, seorang yang memiliki hobi bekarya membuat animasi ketika dia bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dalam proyek animasi, maka dia akan senang hati melakukan pekerjaan tersebut,, mereka akab bekarya dengan kemampuan terbaik mereka tanpa ada rasa malas dan jenuh ketika dia melakukan pekerjaan tersebut, karena dia bekerja bersama hati (berkarya).

Salah satu lagu yang sangat menginspirasi untuk terus bekarya adalah lagu dari groupband indie fourtwnty yang berjudul zona nyaman. Salah satu bait akhir lirik tesebut berbunyi “Tanamkan pesanku agar tak keliru, bekerja bersama hati”.
Bekerja bersama hati, ketika ketika melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, tentu hasil karya yang didapat juga akan menjadi karya terbaik. Selamat bekarya kawan, generasi kita yang akan membangun Indonesia lebih baik. Majulan Bangsaku, Majulan Indonesiaku.
Autor penyesalanindah.blogspot.com


2 comments:

Kesaksian Pelecehan Seksual di Rumah Sakit Surabaya

Dunia medis Indonesia kembali tercoreng dengan ulah Perawatnya, bukan karena mal praktek ataupun tidak menerima pasien miskin, melainkan pel...